CARA MUDAH MENDIDIK ANAK

Selama ini saya banyak menerima keluhan dari para ibu-ibu yang datang berkonsultasi untuk menangani permasalahan tentang anak-anak mereka. Keluhan yang sering diungkapkan adalah, “Pak Harjan, gimana ya anakku itu kok belajarnya susah banget” atau ada juga yang menyampaikan, ” Aduh Pak Harjan, anakku itu kalau di rumah berani banget tetapi kalau di sekolah kok diem banget ya” dan masih banyak lagi bentuk keluhan-keluhan yang lainnya.

Lantas bagaimana ?

Yang perlu kita lakukan dalam mensikapi anak-anak kita adalah ;

1. Pahami bahwa setiap anak memiliki kebutuhan yang berbeda. Jadi perlakukan mereka sesuai dengan kebutuhan anak tersebut. Sebab, tanpa disadari banyak orangtua yang sering mengeluh kenapa anak kedua kok penanganannya berbeda dengan anak pertamanya.

2. Pahami bahwa setiap anak adalah anak yang cerdas. Sesungguhnya setiap anak telah diberikan kecerdasan oleh Tuhan. Yang menjadi masalah adalah bagaiman kita sebagai orangtua dapat mengoptimalkan kecerdasan yang dimiliki oleh anak tersebut. yang terpenting adalah kita perlu tahu caranya untuk mensikapi setiap level kecerdasan anak. Misalnya, untuk anak yang memiliki kecerdasan normal memerlukan metode pengajaran yang simultan. Metode pengajaran yang simultan adalah metode pengajaran yang tematik, bertahap-tahap, dan berkesinambungan atau berkelanjutan. Begitu juga dengan level kecerdasan yang lainnya memerlukan metode pendekatan tersendiri.

3. Setiap anak adalah anak yang baik. Pernyataan ini untuk menghapus pemikiran negatif yang sering mengatakan, “Pak Harjan, anakku kok bandel banget ya?”. Sebenarnya tidak ada anak yang bandel atau nakal, yang ada adalah karena kita sebagai orangtua tidak dapat memahami apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan anak , sehingga sebagai cara untuk membela diri kita berkata “anakku bandel” padahal yang ada adalah ‘ aku kok nggak tahu apa ya maunya anakku itu?”.

4. Gunakan pemikiran yang positif, perkataan yang positif dan tindakan yang positif dalam mensikapi anak. Misalnya, banyak orangtua yang menginginkan anaknya mau belajar tetapi caranya menyuruhnya dengan menggunakan kalimat yang negatif seperti berikut ini, ” Kamu itu disuruh belajar kok susah banget sich, seneng ya menjadi anak yang bodoh?”. Dari kalimat yang dipakai saja sudah negatif, tentu akan membuat anak semakin merasa kesal untuk belajar.

Untuk lebih detailnya Anda bisa membaca buku saya yang berjudul “CARA MUDAH MENDIDIK ANAK DENGAN HUKUM POSITIF” atau hubungi ke 0856 913 27 638.

3 responses to “CARA MUDAH MENDIDIK ANAK

  1. Trimakasih Pak Harjan.

    Tulisan Anda bagus sekali, saya sangat tertarik dengan tulisan Anda. Thanks.

  2. Pak Harjan, pas banget yang bapak tulis sesuai dengan masalah yang sedang saya alami dengan anak saya. Matur nuwun pak.

  3. Woooowwwww………………….bagus sekaliiiiiiiiiiiiiiiii……………..

    Trimakasih ya atas tulisannya, ini sangat bermanfaat buat kami sekeluarga. Salam hangat buat Pak Harjan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s